5 Tren dekorasi pernikahan tradisional tahun 2020 yang menjadi pilihan pengantin

December 27, 2019

Pergantian tahun sering diikuti dengan adanya perubahan tren tak terkecuali perubahan dalam tren memilih tema dekorasi pernikahan adat atau tradisional.

Bagaimana dengan tren dekorasi pernikahan tradisional di tahun 2020 ? kami coba merangkum sejumlah tema dekorasi tradisional yang banyak diminati oleh calon pengantin, diantaranya ;

  1. Pernikahan Adat Jawa dengan konsep Rustic,
  2. Pernikahan Adat Jawa atau Sunda dengan konsep Garden
  3. Pernikahan 3 Adat dengan konsep Modern
  4. Pernikahan Adat dengan konsep Minimalis.
  5. Pernikahan dengan konsep Nasional.

Dengan berkembangnya teknologi informasi membuat setiap orang semakin mudah dalam mengakses atau mencari informasi yang dibutuhkan, salah satunya adalah dengan adanya media sosial baik facebook, instagram, youtube atau pinterest. Sehingga dengan kemudahan informasi tersebut banyak pengantin yang ingin mewujudkan sebuah konsep pernikahan yang beda dari yang lain namun tetap dalam koridor adat tradisi yang disandang oleh masing-masing pengantin.

Tren dekorasi pernikahan tahun 2019 didominasi oleh pernikahan dengan konsep dekorasi Rustic dengan moodboard yang sangat beragam satu sama lain. Namun ditahun 2020 sepertinya akan sedikit berbeda karena konsep dekorasi rustic ini akan dikawinkan dengan konsep dekorasi Adat Jawa namun tetap mempertahankan pakem-pakem tradisi yang ada.

Berdasarkan data yang diperoleh Badan Pusat Statistik (BPS) Suku Jawa masih mendominasi 40 persen suku bangsa di Indonesia termasuk di ibukota Jakarta, sehingga pernikahan dengan adat jawa menjadi tren yang akan selalu menjadi primadona dari tahun ketahun diikuti oleh suku Sunda diposisi kedua. Sehingga bukan tidak mungkin ada calon pengantin yang ingin untuk mewujudkan pelaminan dari dua suku berbeda yaitu adat jawa dan sunda dalam satu kesatuan pelaminan dengan kombinasi konsep garden.

Selain itu terkadang ada juga calon pengantin yang ingin menggabungkan tiga suku dari orang tua mereka dalam satu konsep dekorasi pelaminan sehingga kombinasi ketiga suku ini terlihat tetap anggun dan elegant. Salah satunya adalah konsep pernikahan Yogi & Telli seperti foto diatas, dimana mereka akan melangsungkan pernikahan dengan menggunakan busana dan acara adat Batak karena salah satu orang tua mereka yang berasal dari Sumatra Utara, dan yang lain berasal dari suku Jawa dan Sunda sehingga pelaminannya dibuat lebih modern namun tetap asri dengan ditambahkan sedikit konsep garden.

Begitu juga dengan banyaknya permintaan dari calon pengantin yang ingin melangsungkan pernikahan yg simple, tammu yang tidak banyak, venue yg kecil sehingga konsep dekorasi adat dikombinasikan dengan konsep minimalis namun tetap terlihat cantik dan modern.

Terakhir, konsep dekorasi Nasional tanpa memunculkan kesan adat atau tradisional seperti penjelasan diatas. Konsep ini dipilih oleh calon pengantin karena disesuaikan dengan venue yg mereka pilih konsepnya nasional atau busana yang akan digunkan juga menggunakan busana nasional seperti kebaya / beskap, atau busana atau konsep acara yang dipilih adalah betema Islami. Salah satu pilihan dekorasi konsep nasional yg bisa menjadi pilihan adalah bangunan rumah kolonial yang bernuansa warna putih dan dikombinasikan dengan rangkaian bunga berwarna lembut sering dijadikan pilihan agar tetap terlihat cantik dan elegant.

Semoga Menginspirasi

teks : @taufikarmand

    Leave a comment

Total: